Thursday, April 4, 2013

Mencintai Indonesia

Apa yang membuatmu cinta pada Indonesia?

Pak Jolie, chiropractor saya, orang Prancis, pengen banget jadi WNI, sudah 35 tahun di Indonesia, bilang: "di Indonesia saya bisa punya banyak teman"

Hari, satpam, bilang dia cinta Indonesia karena "saya lahir di sini Pak"...(1)

"Trus, kalo kamu lahir di Inggris gimana Hari?" tanya saya. "Saya tetap cinta Indonesia Pak..karena saya kan orang Indonesia" jawabnya. (2)

Mang Usep (ga tau kenapa namanya bukan Asep aja), tukang nasgor saya, bilang dia cinta Indonesia karena "Saya cari makan di Indonesia"....(1)

"Trus kalo cari makannya di luar negeri, gimana?" tanya saya..."Ya uangnya saya kumpulin dan saya bawa ke Indonesia Pak"...(2)

Robin, interviewee, bilang dia ga tau apakah dia cinta Indonesia atau tidak.." yang penting bisa hidup aman dan makmur Pak" di mana ajalah..

Gono, sahabat saya sejak kecil, sekarang tentara ..bilang "gue cinta Indonesia karena ini tanah air gue!" Saya tanya, "tanah air" itu apa? dia diam

Tiap orang punya alasan, atau tidak punya alasan untuk menjawab kenapa saya cinta Indonesia...atau..apakah saya cinta Indonesia?

Atau...mungkin pertanyaannya jadi perlukah mencintai Indonesia?

Apakah karena kita lahir, cari makan, jatuh cinta sama orang Indonesia, ortu orang Indonesia, makanannya enak, dsb, kita perlu mencintai Indonesia?

Mencintai Indonesia, seperti juga mencintai orang, adalah masalah hati...pilihan...tak bisa juga dipaksa kayaknya

Pemaksaan, doktrinasi, himbauan, untuk mencintai Indonesia barangkali hanya akan melahirkan cinta palsu...sehingga melahirkan banyak hipokrit

Karena mencintai Indonesia adalah soal hati yang tertambat, maka tak lagi jadi soal kalaupun cinta tersebut bertepuk sebelah tangan..

Kalau Ibu saya, selalu bilang "to love is to give"...kalau pakai itung-itungan, ga ada yang bisa bikin beliau untung...

"mencintai Indonesia" adalah pertanyaan "self reflection"...once your answer is yes, the next things is to make action of "giving"..

Mencintai Indonesia adalah pilihan, yang dilakukan secara sadar...yang menghasilkan keinginan untuk memberi kepada Indonesia..apapun itu

ini tweets "reflection", tak mencari benar salah...semua orang bebas bertanya dan mencari jawabannya sendiri...tentang mencintai Indonesia




Click Here! Another Tweets: Upper Management Theory

Click Here! Another Tweets: Pembangunan Infrastruktur dan Kemajuan Indonesia



1 comment:

Imam Fahruddin said...

saya cinta indonesia, karena memang cinta