Tuesday, April 28, 2015

Tentang Kegagalan dan Keberhasilan

1. Sharing ah! biar bukan malam liburan :). Want to talk about kegagalan dan keberhasilan dalam proses pengembangan diri

2. Saya termasuk orang yang percaya bahwa untuk sukses yg sustainable, orang perlu melawati proses kegagalan.

3. Kesuksesan yg terus menerus tanpa mengalami , seringkali membuat kita lupa terhadap banyak hal...terutama mendengar dan belajar

4. Proses sukses/menang dan gagal/kalah adalah proses yg membuat manusia menjadi lebih maju daya pikirnya, menjadi lebih confidence.

5. Confidence ini yang penting. Kepercayaandiri bahwa dalam mengerjakan sesuatu, proses pengerjaannya yg penting.

5. Orang yang terus menerus berhasil, seringkali menjadi over confidence, dan lupa hal2x basic yang tadinya merupakan kekuatannya.

6. Orang yang terus menerus , kemudian jadi tidak confidence..sehingga tak berani lagi mencoba sesuatu.

7. Confidence itu harusnya pada proses...bukan pada output ( or berhasil). Confidence lah bahwa proses sudah dijalankan sebaik2xnya.

8. Confidence pada proses membuat kita tetap listening others, tetap check and re-check..tetap siap belajar.

9. Jangan terlalu focus pada output, sehingga seringkali "menghalalkan segala cara" agar menang, dan tak terima kata

10. R.M. Kanter, menyampaikan dgn baik sekali: "Winners become sinners when confidence turns into complacency and arrogance"

11. Keberhasilan yang sustainable itu datang dari pondasi proses yang kokoh yg dibangun brick by brick.

12. Dengan dasar ingin membangun pondasi yang kokoh tadi, tak jadi soal sesekali . Karena kegagalan adalah salah satu dari batubatanya

13. Orientasi pada output agar berhasil saja, melupakan perlunya membangun pondasi proses untuk berhasil tadi.

14. Dan banyak orang yang karena takut , tak pernah membangun pondasi keberhasilan mereka...karena orientasinya hanya pada output

15. Dan yang lebih parah lagi, banyak orang yang tak berani, even untuk melakukan first step karena ketakutan akan tadi.

16. Treat sbg bagian dari proses membuat pondasi yang kuat untuk keberhasilan yang sustainable, then we will brave and less stressful

17. "Tapi kegagalan itu menyakitkan, Pak"...Ya iya lah! Yg enak itu gulai tunjang.. :) Remember one thing: Leaders deal with tough issues.

18. Saya mengalami banyak kegagalan dalam hidup. Kadang saya pikir apa target saya yang ketinggian ya?

19. No! target nggak pernah ketinggian...tetaplah dreaming big! dream high! Proses mencapainya nya yang penting...jgn cepat menyerah.

20. Kadang waktunya belum cukup untuk keberhasilan mimpi tsb...kadang jalannya yang harus berliku dan berbelok dulu.

21. Dan kadang....we have to deal with reality and start thinking to make another dream...we need to be "strategic" dlm hidup ini.

22. Ada waktunya kita tak boleh menyerah dan goyah..tapi ada waktunya juga kita harus menerima kenyataan, dan move on dgn mimpi baru.

23. Yg ga asik adlh menikmati kehidupan yg terbatas ini krn salah satu mimpi kita gagal diwujudkan. Jangan euy! life is beautipull!

24. Nasehat ibu saya itu lo, simple tp bener banget..."jalani saja, Nak...pasti ada hasil yg baik kalau niat dan cara jalaninya baik"

25. Hasil yang baik tak selalu hasil yang diinginkan. Tak apa...bisa dinikmati juga kok..kadang malah lebih baik dari yg diinginkan.

26. Kapan waktunya move on ke mimpi baru setelah sekian lama ? just when you feel you have done everything as best as you can.

27. Keputusan itu pun bisa salah...bisa berbuntut kegagalan baru. Yah? Confidence ga akan pernah muncul kalau mikir begini terus.

28. Kegagalan, bukanlah sesuatu hal yg harus ditakuti...bener itu! yang perlu ditakuti itu malah nggak berani mencoba dan memulai..

29. Dan jangan lupa.. itu membangun sebuah kekuatan besar buat kita...kekuatan Resilience, Daya Tahan dan Bouncing Back. Daya Pantul.

30. Kegagalan itu keberhasilan yg tertunda katanya. Nggak juga sih.. ya gagal. Face it. Learn from it, & get new direction.

31. Pada akhirnya jangan biarin diri kita sibuk dengan definisi dan berhasil. Those are output. Do the best in the process.

32. Gitu deh, mudah2x ada gunanya. Selamat tidur! semoga mimpi indahnya tdk :). Kalau gagal ya gapapa..mimpi aja lagi besok-besok.

1 comment:

Tauriq Aldila Firdaus said...

Hallo pak handry, saya toriq mau nanya nih, di usia saya di 24 tahun harusnya apa yang saya punya atau yang saya kerjakan untuk menjadi pribadi yang baik untuk kehidupan, baik itu untuk keluarg dan pekerjaan. trima kasih