Sunday, October 21, 2012

Pikiran

Survey di UK bilang new marker untuk "middle age" adalah 55...padahal di Indonesia, 55 adalah usia pensiun.

Rentang waktu untuk "Leader" saat ini harusnya lebih lama...Start early, and retire late..say from 30 - 65. Jadi ada 35 tahun produktifitas.

Jangan takut untuk menjadikan "leader" di usia muda. Pengalaman penting, tapi lebih penting lagi proses pembelajaran.

Kalau untuk capai Director level butuh umur 47 th (rata-rata di Indonesia menurut Hay Group) dan umur 55 sudah pensiun, berarti cuma ada rentang 8 th.

Perusahaan mengalami kelangkaan talent yang mumpuni kalau usia mentas telat dan usia pensiun prematur, sementara attrition rate >10%.

Rentang waktu jd leader yang singkat ini bikin kemampuan leader untuk belajar sedikit sekali...sehingga lahir Narcisstic Leadership.

Karena waktu pembelajaran singkat, Narcisstic leader hanya akan percaya pada cara dia memimpin sebelumnya..diterapkanlah secara membabi buta.

Narcisstic Leader tak melihat bahwa different followers dan different situation membutuhkan different way of leading.

Saya katakan kita perlu revolusi pendidikan karena jika ingin pertumbuhan ekonomi terus di atas 7%, kita tak punya talent yang cukup saat ini.

Jika pertumbuhan tinggi tapi talent ga cukup, negara kita jadi tanah subur bagi talent dari luar...sejarah berlanjut, kita jadi doers terus..kuli.

Talent yang dibutuhkan adalah talent yang bisa jadi leader...di coach dan disponsori oleh leadernya, punya kemampuan bahasa Inggris fluently.

Orang-orang future leader ini seyogyanya mulai "mentas" saat usia masih muda. Perusahaan gunakan konsep menjadi leader adalah proses pembelajaran.

Semakin tinggi kebutuhan leadership yang dituntut dari seorang leaders, skills yang makin dibutuhkan adalah thinking skill and behavioral skill.

Saat ini kita punya "demographic bonus" 55 jt tenaga kerja usia <39th. Kalau orang-orang ini tak banyak yang jadi leader, 20-30 thn lagi bonus ini hilang.

Lah ini kok jd "ngultwit" ya? hehe...Okay, what i wanna say actually ada beberapa hal #pikiran

1. Bagi para pengusaha, pihak perusahaan, beri lahan subur pada young leader untuk mulai "mentas", dan coach mereka. #pikiran

2. Buat orang-orang yg secara struktural or fungsional sekarang ini adalah leaders, tekadkan bahwa sukses tak lengkap tanpa hasilkan leaders baru. #pikiran

3. Buat para existing leaders tersebut, menghasilkan leaders baru artinya mengajar, meng-coach, dan mensponsori para new leaders tersebut. #pikiran

4. Buat para future leaders yang sedang memulai karirnya, yang dibutuhkan untuk sustainable moving up adalah proses pembelajaran. #pikiran

5. Bagi para pemulai karir tersebut, fast tracker tanpa ilmu adalah semu..kelihatan keren sebentar, habis itu kalah saing. #pikiran

6. Bagi para future leaders yang sekarang sedang sekolah, belajar dari alam, atau dari mana pun, mulailah belajar dari me-lead diri anda. #pikiran

7. Bagi para new dreamers tersebut, tekadkan untuk menjadi lokomotif Indonesia masa depan, leading in a global world. #pikiran

8. That's it! kultwitnya #pikiran yg singkat aja...




Click Here! Another Tweets: Motivasi


Click Here! Another Tweets: Leaders Hebat



No comments: