Sunday, March 15, 2015

Tentang Wibawa dan Kepemimpinan

  1. Dari obrolan "nongkrong" dengan teman2x bbrp hari yang lalu, ada permintaan utk sharing tentang pemimpin yg ber #wibawa. Let me try.

  2. Kenapa ada pemimpin yg berwibawa, dan ada yg tidak, bagaimana #wibawa tersebut ditimbulkan, lalu kenapa perlu wibawa dlm memimpin? 

  3. At the end of the day persoalan #wibawa dlm leadership adalah bagaimana pemimpin tersebut mampu membuat followersnya bekerja dgn baik 

  4. First kembali ke pengertian dasar leadership tsb. Leadership adalah sebuah proses, bukan hanya ttg sosok seorang leader. #wibawa 

  5. Buat saya, Leadership adalah proses yg melibatkan leader, followers, dan situation. Ini pengertian dasar yg sangat penting. #wibawa 

  6. Seorang leader, harus paham betul siapa followersnya, dan situasi apa yg dihadapinya. #wibawa 

  7. Leadership bukan hanya kasih perintah ini itu, lalu "hilang". #wibawa tak akan timbul kalau hanya soal kasih perintah. 

  8. #wibawa juga tak bisa didapatkan hanya dari kharisma, santun (eh?), atau punya visi dan orasi yang bagus. 

  9. Mulailah dgn know who are your followers, apa kebutuhan mereka, dan apa yg dpt memotivasi mereka bekerja dgn baik. #wibawa 

  10. Leaders akan mulai mendapatkan #wibawa nya ketika mereka mulai mendapatkan "Trust" dari followersnya. 

  11. Di awal2x, "trust" mungkin bisa terbangun dengan visi, kharisma, dan orasi...tapi, apakah bisa "trust" tsb dpt sustainable?. #wibawa 

  12. "Trust" yg membuahkan #wibawa, perlu dibangun dengan interaksi yg continue dgn para followers. Bukan proses sesaat dan di awal saja. 

  13. Leader perlu ingat bahwa dlm inteaksinya dgn followers, dia dievaluasi oleh followers, baik secara sadar ataupun tidak. #wibawa 

  14. Membangun #wibawa pemimpin seperti membangun rumah...terus dibangun dari pondasi sampai jadi rumah 

  15. Pondasi dari #wibawa adlh "Trust" tadi. Bangunannya, adalah proses interaksi yang menunjukkan kemampuan memimpin dan mendeliver target. 

  16. Skrg tentang membangun #wibawa tersebut. First, leaders perlu menunjukkan kemampuan.. kapabilitas untuk mengerti masalah yg dihadapi. 

  17. Yes, it takes time to understand all the problems...oleh karena itu deal dgn "the low hanging fruit" first, then solve it. #wibawa 

  18. #wibawa terbangun atas berkali-kali success stories. Pondasi "Trust" akan tambah kuat jika success stories semakin banyak. 

  19. Kalau langsung deal with the toughest issues, trus solusi nya terkatung2x gak jelas, org terus berdebat, maka #wibawa tak terbangun. 

  20. Lihat para pemimpin yg dianggap ber #wibawa oleh followersnya...They stand strong di atas success stories awal yg dibangunnya. 

  21. Kedua, untuk bangun #wibawa, show that you can make decision, dan tidak diatur oleh orang lain. 

  22. Karena #wibawa berpondasikan trust, maka wibawa tak akan terbangun kalau followersnya curiga leadersnya disetir org lain. 

  23. Leaders perlu menunjukkan bahwa dia listen to all input, care about other's opinion, dalam proses mengambil keputusan. #wibawa 

  24. Tapi, ada saatnya leaders perlu bilang "I hear you all, I learn about it, but this is my decision". #wibawa 

  25. Leaders perlu ketegasan utk membangun #wibawa. Teguh pd prinsip, tapi juga siap mengaku salah & willing to learn saat terbuksi salah. 

  26. Krn pondasi dr #wibawa adlh trust, maka saat leaders mengakui kesalahan dan show the effort to learn & fix it, maka trust akan menguat 

  27. #wibawa juga dibangun atas dasar respect...banyak faktor yg membuat followers respect their leaders..salah satunya adlh "walk the talk" 

  28. Leaders mendapatkan respek dari followersnya ketika ia mampu menginspirasi followersnya. #wibawa 

  29. Juga ketika leaders menunjukkan dirinya humble...respect followers akan semakin besar. #wibawa 

  30. Tapi humble saja tanpa adanya success stories, kemandirian serta ketegasan dlm memimpin, tak bisa membangun #wibawa yg kuat. 

  31. Bangunan #wibawa leaders pada akhirnya lengkap ketika followersnya trust bahwa leadersnya mampu memimpin mereka utk get the things done. 

  32. Begitulah, sedikit ttg membangun #wibawa seorang leaders yg seperti membangun rumah...ada pondasi, tiang, bangunan, dan atapnya. 

  33. Seperti juga rumah, maka #wibawa akan terbangun jika semua bagian bangunan tadi bisa disatukan....dipelajari ulang jika ada yg salah. 

  34. #wibawa tak terbangun dgn baik kalau hanya dengan murah senyum, santun ataupun galak serta marah2x saja. 

  35. Semoga bermanfaat...ini ceritaan warung kopi saja tentang #wibawa dan pemimpin yg berwibawa. Selamat membangun rumah ya! nite! :) 

2 comments:

agusman said...

Kepemimpinan bisa dibentuk,sedangkan wibawa adalah bawaan atau bakat.Kalau keduanya visa disatuin,mama akan terbentuk Pemimpin yang berwibawa,yang man's bukan ditakuti tapi mslah disegani ...Keadaan seperti INI akan mewujudkan hal yang poditif dalam kehidupan organisasi apapun...Kira Kira betul ngga Pak pendapat says ini?makasih.

agusman said...

Kepemimpinan bisa dibentuk,sedangkan wibawa adalah bawaan atau bakat.Kalau keduanya visa disatuin,mama akan terbentuk Pemimpin yang berwibawa,yang man's bukan ditakuti tapi mslah disegani ...Keadaan seperti INI akan mewujudkan hal yang poditif dalam kehidupan organisasi apapun...Kira Kira betul ngga Pak pendapat says ini?makasih.