Monday, November 3, 2014

Decision Making

1. October udah mau habis, belum ada sharing bulan ini...Let's discuss about making #decision dalam konteks manajemen dan leadership tonight.

2. Everybody knows, bahwa making #decision adalah tugas berat bagi seorang leader. Strategy ditentukan dari keputusan yang diambil.

3. Satu hal yang paling penting dalam #decision making adalah, tak boleh ragu-ragu. Karena apaaa? Karena yang boleh ragu-ragu hanya icuk.. :) #joking

4. Karena setiap #decision selalu ada konsekuensinya, maka lakukan semua hal yang bisa dianalisis sebelumnya. Pertanyaannya, berapa lama mau analisis?

5. Kelamaan bikin #decision, bisa lewat keretanya...kalo kecepetan, bisa tak cukup hitung impactnya. Seni dan science nya ada di sini.

6. Ada banyak tools dan methodology untuk #decision making dalam management. Malam ini kita tak bahas itu technical things.

7. Easiest & simple way adalah bikin tabel dua kolom...kolom 1 adalah pluses dari #decision tersebut, dan kolom 2 adalah negativesnya.

8. Bukan rocket science...tapi dalam banyak presentasi saya untuk ambil #decision, tools 2 kolom tersebut adalah alat komunikasi yang efektif dan cepat

9. We need to listen to every input and feedback when we want to make #decision. Yes, but we need to have time limit for that listening

10. Send email to all the team yg kita mau dengar pendapatnya dlm #decision yg mau diambil. Give time limit. No response mean agree.

11. Karena dalam ambil #decision tak bisa satisfied everybody, maka leader siap dgn rationaltas yg baik saat terjadi protes.

12. Many times, kita mengambil #decision yg team kita mayoritas setuju. We listen to them. This is ideal situation.

13. But there should be a time, kita bilang "I hear you all, but this is my #decision". Karena pada akhirnya, leader yang bertanggung jawab

14. Yang penting buat environment dan culture bahwa team kita tahu dan merasa bahwa mereka punya hak bersuara terhadap #decision yang mau diambil

15. Keseringan ambil #decision sendiri yang beda dengan aspirasi team, maka good people in your team will leave you


16. Tapi keseringan ambil #decision berdasar keinginan semua orang, tanpa keyakinan diri sendiri, maka kredibilitas sebagai leader akan lemah.

17. Ada balance nya antara follow pendapat team dan "I hear enough and this is my #decision". Pengalaman saya maybe about 70:30.

18. Oya, satu hal yang pasti, kalau urusan integrity dan compliance, maka #decision nya adalah tak ada kompromi

19. Kalau harus pecat orang, ya pecat. Kalau harus rugi ga dapat proyek, ya ga dapat. Integrity tak bisa dikorting dalam #decision

20. Kala harus membuat #decision yang tidak popular, pahami benar rasionalitasnya, komunikasikan secara transparan, dan putuskanlah dengan cepat.

21. Jangan menunda-nunda #decision dengan harapan masalah akan selesai dengan sendirinya. Resiko late decision seringkali lebih besar.

22. Dalam pengalaman saya, better make wrong #decision but we have time to learn and make a better one next time dari pada late decision.

23. When we make wrong #decision. Tak ada cara lain yang ampuh selain mengakuinya, dan responsible terhadap hal tersebut...serta learn from it.

24. Blaming others dalam wrong #decision hanya akan membuat kita jadi leaders yang kerdil dan kehilangan trust

25. Tak perlu cari wangsit atau tanya "orang pintar" dalam making #decision. Management butuh rasionalitas dan ketegasan diri.

26. Selalu siapkan option yang out of the box dalam making #decision. Options tersebut memberikan ruangan untuk bereksperimen.

27. Interestingly, banyak #decision yang bagus-bagus dalam case studies management lahir dari options yang out of the box tersebut...the "Why Not?" things

28. Sering saya challenge diri saya dan team untuk assess option "Why Not?" tersebut sebelum making #decision. Assessment ini berguna sekali.

29. Jangan mengambil #decision saat sedang emosi atau saat perasaan clouding rasionalitas.

30. Saat harus mengambil #decision yang berat, tips untuk ingatkan diri bahwa "leaders deal with tough issues" seringkali membantu untuk kuat.

31. Walaupun kadang ada #decision yang dibuat berdasarkan gut feeling...tetap harus ada rasionalitasnya yang bisa dijelaskan.

32. Terutama dalam kondisi krisis dan waktu terbatas, ada #decision yang diambil berdasar gut feeling. Sesuatu yang diyakini adalah benar.

33. Jam terbang dan learn from past #decision biasanya akan membantu keputusan yang harus pakai gut feeling seperti itu.

34. At the end, dalam #decision making, leaders harus paham benar masalahnya, opsi-opsinya, time limitnya, dan impact dari decisionnya.

35. Begitulah tentang #decision making malam ini. Semoga ada gunanya. Salam!



Click Here! Another Tweets: Ajaran Yang Kadang Terlupakan

Click Here! Another Tweets: Listening


No comments: